IKMAS Mesir Adakan pemilihan Ketua

ikmas_mesirTanggal 14 November 2008 menjadi hari bersejarah bagi korps alumni Assalaam yang sedang menimba ilmunya di kampus tertua Al-Azhar. Sebagaimana lazimnya negeri yang memiliki empat musim, bulanNovember termasuk bulan musim dingin, suhu terendah di Kairo pernah mencapaiangka 6 derajat celsius. Namun suasana dingin tak membuat semangatteman-teman IKMAS surut untuk beraktivitas. Justru dengan memperbanyakkegiatan, suhu dingin yang terkadang bikin badan mengigil, jadi tak begituterasa.

Bertempat di salah satu basecamp anak-anak IKMAS di bilangan Abbas El Aqad, tak jauh dari pusat pemukiman wafidin (mahasiswa asing) di kawasan10th district, Nasr City Cairo. Sebuah agenda rutin tahunan IKMAS berupa STA (Sidang Tahunan Anggota) dan pemilihan ketua baru kembalidigelar. Pada hari itu, ketua demisioner IKMAS (07/08), Farid Rifai (alumniangkatan 04) akan mengakhiri masa tugasnya digantikan dengan ketuaterpilih.

Acara dimulai tepat ba’da sholat Isya’, pukul 19.00 CLT. Rangkaianacaranya dimulai dengan laporan tim verifikasi, pembacaan LPJ IKMAS 07/08,pembahasan AD/ART IKMAS Mesir, pemilihan Dewan Konsultatif (DK) IKMASbaru dan diakhiri dengan pemilihan ketua IKMAS baru periode 08/09.

Sekalipun agendanya terkesan padat dan serius, tapi tetap saja rangkaian acara dilalui dengan canda dan tawa. Ini sudah menjadi ciri khas IKMAS apabila mengadakan pertemuan. Mulai dari angkatan 1994 hingga 2006bergabung di sini. Tanpa terbatasi dengan istilah generasi tua dan muda,suasana begitu akrab, karena masing-masing telah merasa dilahirkan darisatu rahim yang sama bernama Assalaam. Apalagi ditambah denganIKMAS-IKMAS junior, putra-putri dari pasangan alumni yang menikah di sini,yang tentunya menambah hangat jalannya acara. IKMAS bagi alumni Assalaamdi Mesir telah menjadi keluarga ke dua mereka setelah keluaga yang diIndonesia. Pembacaan LPJ pun diikuti secara seksama oleh peserta. Untuk acara inilangsung dipimpin oleh tiga DK IKMAS 07/08, yaitu Abd. Ghofar (02) BanuMusthofa (02) dan Devi Gusvita (03). Jalannya sidangpertanggungjawaban cukup hangat, masing-masing memberikan kritikan berupa pertanyaan danmasukan. Semua pertanyaan dari peserta sidang dapat dijawab oleh PakKetua. Sehingga di akhir sidang para peserta sepakat untuk menerima LPJIKMAS Mesir 07/08, dengan beberapa catatan. Namun demikian, paraanggota sidang tetap memberikan apresiasinya kepada Farid Rifai yang telahmenahkodai IKMAS Mesir selama satu tahun periode jabatan.

Usai pembacaan LPJ, acara dilanjutkan dengan pemilihan DK IKMAS untukperiode 08/09. Farid sebagai mantan ketua otomatis ditempatkan sebagaiDK, sedangkan dua lainnya dipilih oleh anggota dengan mengajukan calonyang sesuai dengan kriteria yang disepakati. Setelah pemilihan DKberlangsung, maka dikukuhkanlah tiga DK baru, yaitu Farid Rifa’i (04) HafizRangga (03) dan Sri In Wahyu Sejati (03)

Dan tibalah acara puncak, yaitu pemilihan ketua IKMAS untuk masa juang08/09. Nama-nama kandidat pun bermunculan. Diantara mereka yang masukdalam bursa kandidat ketua IKMAS adalah, Martdi Saputra (05) AbdulGhofar (02) Qory A. Azis (06) Habib Firmansyah (06) dan Mbak Ghani (05).Setelah 5 kandidat dijejer di depan peserta dan menyampaikan visi misinyasecara singkat, mulailah pemungutan suara dilakukan. Jumlah keseluruhananggota IKMAS yang hadir malam itu sebanyak 32 orang. Sebagian lainnyaizin karena memiliki jadwal di luar dan sebagiannya masih berada diIndonesia. Kesulurahan anggota IKMAS tahun ini tercatat sebanyak 54orang. Pada tahun 2003, anggota IKMAS Mesir sempat berjumlah 70 orang, yangsebagian besarnya kini telah pulang dan mengabdi di tanah air.

Setelah masing-masing peserta menuliskan nama pilihannya pada selembarkertas yang disiapkan panitia, tibalah saat yang menegangkan, yaitupenghitungan suara. Martdi mengantongi 14 suara, Ghofar mendapatkan 17suara dan Habib 1 suara. Dengan demikian terpilihlah Ghofar sebagai KetuaIKMAS Mesir periode 08/09. Suasana sidang menjadi riuh dengantepuk tangan para peserta. Keterpilihan Ghofar menjadi yang ketiga kalinya, KetuaIKMAS Mesir terpilih dari angkatan 2002. Sebelumnya Muh. Syarief, Lc.angkatan 2002 terpilih menjadi ketua IKMAS periode 04/05 lalu BanuMusthofa periode 06/07 dan kini Abd. Ghofar yang terpilih untuk periode08/09. Malam itu IKMAS juga kedatangan tamu dari angkatan 2002, yangmagang di KBRI Kairo setelah diterima dalam tes Deplu. Namanya HarunSyaifullah Syafa, sarjana Fak. Sastra Arab UIN Jakarta yang ketika di pondok dulusempat menjabat sebagai Ketua Umum OP3MIA periode 2000/2001.
Setelah rentetan acara resmi usai, acara pun ditutup dan dilanjutkandengan makan malam. Menu spesial karya mbak dan ibu-ibu IKMAS punmenghiasai meja hidangan. Ada gorengan bakwan, martabak, kue suz dandilengkapi dengan lauknya yang maknyus. Mulai dari opor ayam sampai oseng-osengtempe yang mengingetkan akan tanah air. Usai acara, panitia juga telahmeyiapkan “take a way” buat teman-teman IKMAS yang kembali keapartemennya. Selamat kepada Mas ghofar, semoga dimudahkan dalam menjalankanamanat sebagai Ketua IKMAS Mesir. Rabbuna yusahil….