Sejarah Berdiri

Bermula dari lulusan PPMI Assalaam yang pertama pada tahun 1988, pula alumni yang mengabdi di PPMI Assalaam (1988) berdiskusi dan membahas obrolan ringan (bertempat di ruang guru lama) bagaimana alumni yang di pondok bisa memberikan kontribusi supaya PPMI Assalaam lebih baik. 

Pada Tanggal 12 Agustus 1989 para alumni PPMI Assalaam Angkatan (1988) berkumpul di Kost  Saudara Samsul Qomar di Daerah Kali Gajahwong Jogjakarta. Dalam pertemuan tersebut membahas tentang satu wadah untuk perkumpulan para alumni Assalaam. Pada masa itu perbincangan terus semakin intens dan serius yang di motori oleh saudara Sumbarwoko Triwidiantoro dan Samsul Qomar. 

Sumbarwoko Triwidiantoro (Ketua IKMAS Pertama Tahun 1989)

Dari hasil diskusi itu sempat memunculkan nama atau istilah UIAA dan kemudian muncul nama IKMAS. Setelah diskusi dan musyawarah akhirnya di putuskanlah nama perkumpulan alumni ini dengan nama IKMAS. Pembahasan diskusi ini kurang lebih di ikuti oleh 14 orang peserta dan yang menariknya kegiatan ini di ikuti oleh Ustadz pengabdian angkatan 1989.

Sebagai Ketua Pertama IKMAS waktu itu Sumbarwoko Triwidiantoro, Wakil Samsul Qomar, Sekretaris Siti Zakiah dan Arul, Bendahara Muflihah. Saat ketok palu berdirinya IKMAS pada waktu itu belum banyak diketahui oleh alumni. Alhamdulillah seiring dengan berjalanya waktu keberadaan IKMAS mulai dikenal oleh alumni sampai saat ini. 

Periodesasi Kepengurusan IKMAS

Pendirian organisasi alumni tidak mudah karena semangat diawal, perkumpulan atau wadah almamater masih sangat sederhana. Untuk memantapkan kiprah organisasi alumni akhirnya terbentuklah beberapa perangkat organisasi seperti AD/ART, GBHK, dan sejenisnya. 

Tahun 1989 : Kepengurusan Sumbarwoko Triwidantoro
Tahun 1994 : Munas I tidak menghasilkan kepemimpinan – Deadlock
Tahun 1998 : Munaslub menghasilkan Kepengurusan Budi Prasetyo (Almarhum)
Tahun 2004 : Munas II menghasilkan Kepengurusan Kadarusman
Tahun 2009 : Munas III menghasilkan Kepengurusan Aris Hanafiah
Tahun 2015 : Munas IV menghasilkan Kepengurusan Rohmad Suphianto
Tahun 2020 : Munas V Menghasilkan Kepengurusan Abdul Basith Adnan